Wednesday, 4 August 2021

Strategi Jitu Pemasaran Buku

 


Oleh: Risa Juanita Ratnaningtyas

"Masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini"

(~Kata Bijak~)

Malam ini hujan deras tiada henti, mulai dari tadi malam, hingga bertemu malam, tak kunjung reda 

Namun semangat tetap membara, tentu karena materinya membangkitkan semangat semakin menyala 

Kusiapkan secangkir teh hangat sebagai amunisi yang menemani perjalanan menimba ilmu malam ini. 

Selalu antusias mengikuti pelatihan belajar menulis bersama PGRI dan bersama Om Jay, segala hal yang menjadi pertanyaan penulis pemula selalu dikupas tuntas sampai jelas.  

Pak Agus Subardana, S.E, M.M beliau adalah Direktur Marketing Penerbit Mayor  Andi Yogyakarta atau PT. Andi Offset

Tujuh belas tahun sudah beliau menjadi bagian PT. Andi Offset

Lulusan S1 dan S2 Pemasaran menunjukkan bahwa beliau memang mumpuni di bidang marketing

Saat kita sudah menjadi penulis yang berhasil menerbitkan buku, muncul sejuta tanya lagi dalam angan, 

Setelah buku di cetak, diterbitkan, lalu di apakan buku kita? 

Di jualkah? 

Atau hanya ditumpuk saja?  

atau kita bagikan ke handai taulan?

Selain pendidikan, dan sektor ekonomi, dunia industri penerbitan buku juga mengalami dilema tersendiri selama masa pandemi yang tak kunjung usai ini.

Apa dampak pandemi bagi pemasaran buku?

  • Dari segi penjualannya menurun drastis selama masa pandemi
  • Akibatnya dari 1.328 ribu penerbit yang telah terdaftar di IKAPI, kini banyak yang tumbang karena tidak dapat bertahan di situasi pandemi seperti ini
Kapan dampak pandemi mulai terasa ?


Berdasarkan grafik diatas, selama bulan Januari 2020, penjualan masih bagus dan dunia buku masih berjaya, tetapi menginjak bulan Maret 2020 penjualan buku mulai mengalami penurunan drastis.

Sekitar bulan Oktober 2020 siklus penjualan mulai mengalami peningkatan kembali, walaupun pada akhirnya harus rela anjlok lagi karena PPKM dan kelesuan itu berlangsung hingga sekarang.


Bagaimana langkah yang tepat mengatasi lesu nya penjualan buku?

Perlu strategi pemasaran yang jitu dan tepat untuk mempertahankan industri penerbitan buku agar terus hidup  selama pandemi. 

Pemasaran buku sebagai ujung tombak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, Oleh karena itu perlu strategi untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal.

Strategi yang harus kita hadapi:

  • Kita harus Mengubah strategi, setelah keluar dari zona nyaman harus berani mengubah mindset dengan mengalihkan penjualan ke dunia digital. Atau melakukan penjualan secara online.
  • Strategi Utama yang digunakan adalah digital marketing

Strategi transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku:

  • Terhubung dengan pelanggan lewat media sosial(FB, Instagram, Twitter)
  • Memastikan buku kita mudah ditemukan pelanggan di market place (Tokopedia, Bukalapak, shopee, dll)
  • Memasarkan buku lewat komunitas, bisa dengan cara saling sharing, saling menawarkan sesuai kebutuhan sesama komunitas dll
  • Harus proaktif setiap saat, siap melayani pelanggan dengan cepat
  • Perlu ada promo khusus, diskon dll
  • Mengadakan webinar atau event tertentu dengan menyesuaikan kondisi saat ini
  • Menjadi brand yang tanggap situasi, terutama menerapkan sikap empati, misal: pengiriman cepat, mencarikan buku yang sesuai dan melayani dengan sepenuh hati
Menurut Pak Agus Subardana, PT. Andi menggunakan strategi pemasaran sesuai pemetaan menurut jenis-jenis buku terlebih dahulu. 
Jenis-jenis buku berdasarkan kategori terdapat novel, cerita anak,dll
Memberdayakan penuh marketing online tanpa melupakan trik marketing offline

Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

"Masa depan adalah milik kita, menyiapkannya dengan sebaik mungkin adalah tanggung jawab kita"

(~Risa~)


Resume ke:10

Pelatihan ke :10

Tanggal : 2 Agustus 2021

Tema : Pemasaran Buku

Narasumber: Agus Subardana, SE, M.M

Moderator : Aam Nurhasanah



2 comments:

Memaksimalkan Penggunaan Akun Belajar.Id Bersama Bootcam Belajar.id GMT Banyuwangi Day 1

  Oleh : Risa JR "Ilmu adalah mutiara yang berkilau didalam telaga, dapatkan dia meski harus bersusah payah. Kelak kilaunya akan menera...